Domain ?…

Domain ?…  dalam bahasa umum sehari-hari domain sering diartikan suatu webs atau website. Namun sebenarnya domain adalah bagian dari suatu webs atau website, sedangkan website itu sendiri masih melibatkan banyak komponen pendukung lainnya.

Nama Domain

Pada permulaan internet dikenal beberapa server yang tergabung dalam jaringan internet di indentifiaksikan dengan suatu system yang disebut IP Adress, masing-masing server yang tergabung dalam jaringan internet tersebut akan dikenali sesuai IP Adress-nya,  IP Address ini berupa deretan angka. contohnya: 208.77.188.166. sehingga jika pengguna ingin mengakses suatu data pada suatu server, pengguna tersebut akan mengetikan alamat IP Adress yang dimaksud contohnya: 208.77.188.166.

Pada perkembangannya penggunaan IP Adress dirasa kurang efektif karena alasan susah diingat atau kesulitan untuk menghafal angka-angka. Untuk memudahkan mengingat suatu alamat IP Adress maka diberikan nama Alias menggunakan system bahasa Alfabet. Contohnya: IP Address dari suatu server adalah 208.77.188.166. maka dibuatlah domain name, misalkan: www.example.com sebagai alias dari 208.77.188.166. Siapapun yang mengakses www.example.com, secara otomatis akan diarahkan ke server yang beralamat di 208.77.188.166.

Kesimpulannya Domain adalah nama pengganti alamat IP atau IP Adress suatu server Ketika kita mengakses satu domain name, secara otomatis kita mengakses satu server dengan satu IP Address tertentu yang di alamatkan oleh domain tersebut.